Daun Kelor

Artikel daun kelor, ramuan daun kelor, resep Daun Kelor dan Semuanya tentang Kelor

Cara Menanam Kelor

Cara Menanam Pohon Kelor - Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur. Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum Pilipina : Malunggay. (sumber:wikipedia).

Cara budidaya pohon kelor bisa dilakukan menggunakan biji pula bisa dilakukan menggunakan stek batang. Tumbuhan ini cukup praktis tumbuh serta memiliki daya tahan yg baik terhadap perubahan iklim. Untuk menanam kelor dapat dilakukan menggunakan beberpa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Kelor

Jika anda akan menanam pohon kelor menggunakan biji, maka langkah yang harus dilakukan ialah memilih biji kelor yg berkualitas baik asal polong kelor yang sudah tua. Buka kulit polongnya serta ambil biji kelor tadi. Jemur biji pada terik matahari selama 1 hari, angkat serta letakkan pada area yg teduh. 

Siapkan nampan semaian atau pelatik polybag (dapat pula disemai pada tanah menggunakan membuat bedengan atau guludan). Isi nampan semai atau polybag menggunakan campuran tanah serta pupuk sangkar. Biji kelor direndam terlebih dahulu menggunakan menggunakan air hangat sebelum ditanam, pilih biji kelor yang tenggelam saja dan  buang biji kelor yg mengapung. Selesainya itu tanamlah biji ke area tanam. Letakkan nampan atau polybag di area yg teduh, lakukan penyiraman secara teratur untuk menjaga kelembabakan semaian, tetapi jangan menyiram terlalu basah (dikhawatirkan akan menyebabkan biji kelor busuk). Biji kelor akan berkecambah selesainya 7-12 hari sesudah disemai.

Selesainya biji tumbuh mencapat 15cm, pindahkan ke polybag yang lebih besar sampai bibit kelor akan dipindah ke lahan tanam tetap.

Selain dengan biji, pohon kelor bisa dibudidayakan dengan sistem stek btg. Pangkas galat satu tangkai btg pohon kelor menggunakan memakai pisau yang tajam serta bersih menggunakan panjang lebih kurang 30cm-50cm. Tangkai btg yang dipilih sebaiknya ialah tangkai yg tidak terlalu tua dan  juga tidak terlalu muda (diameter kurang lebih 3-5cm). potong usahakan datar agar area akar yang tumbuh semakin banyak. Masukkan rabat tangkai pohon kelor ke polybag serta letakkan pada area yg teduh, lakukan penyiraman hingga bibit kelor tumbuh.

Menyiapkan Lubang Tanam

buat lubang tanam menggunakan ukuran 40cm x40cm dengan kedalaman 30cm-40cm, isi menggunakan pupuk kandang dan  biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.
 
Menanam Kelor

Bibit kelor yang telah tumbuh serta mencapai ketinggian 30-50cm untuk bibit hasil semai biji bisa dipindahkan ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Robek polybag secara perlahan dan masukkan bibit ke lubang tanam yg sudah dirancang. Tutup pulang lubang tanam menggunakan tanah sisa  disekitar lubang, kemudian padatkan. Lakukan penyiraman sesaat sesudah penanaman terselesaikan.

Jika bibit dari yang akan terjadi stek, bibit dapat dipindahkan Jika bibit kelor sudah tumbuh dan  mengeluarkan daun-daun yg segar serta akar telah keluar berasal btg yg distek.  Buka polybag secara perlahan dan  tanamlah bibit kelubang, lakukan penutupan lubang dan  kemudian padatkan.

Merawat Pohon Kelor

Perawatan pohon kelor tak begitu sulit, cukup dengan penyiraman yg rutin serta pemangkasan btg Bila diperlukan.

Relatif simpel bukan menanam pohon kelor, umumnya Jika diperkarangan rumah kebanyakan orang akan eksklusif menancapkan potongan tangkai kelor ke tanah untuk menanamnya. Pohon kelor sekilas mirip pohon sengon Bila ditinjau dari daunnya. Pohon kelor cukup mudah tumbuh, selain itu jua daun kelor banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan : mengatasi alergi, mengobati herpes serta luka-luka gatal, mengobati rematik, menyegarkan mata, dan  menghilangkan flek hitam pada wajah.

Cara Menanam Kelor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown